Home > Enkyklios Paideia > Sistem Politik

Sistem Politik

Sistem politik bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang berfungsi untuk mempertahankan hukum dan ketertiban dalam suatu negara. Sistem politik ini pula digunakan untuk mengatur hubungan-hubungan eksternal di antara dan di kalangan masyarakat. Sistem politik membangun cara-cara kontrol sosial dan aturan-aturan yang dirancang untuk membatasi perilaku-perilaku individu dalam batas-batas tertentu dan untuk membuat dan menjalankan keputusan untuk kepentingan seluruh masyarakat atau segmen-segmen tertentu dalam masyarakat.
Sistem politik ini hanya merupakan salah satu dari bermacam-macam sistem yang terdapat dalam suatu masyarakat, semisal sistem ekonomi, sistem komunikasi dan sebagainya. Oleh karena semua sistem tersebut berada dalam masyarakat atau sistem sosial, maka sering sistem ekonomi, sistem komunikasi dan sebagainya itu dinamakan sub sistem dari sebuah masyarakat atau sistem sosial.
Setiap sistem masing-masing mempunyai fungsi tertentu yang dimaksudkan untuk menjaga kelangsungan hidup dan mencapai tujuan dari masyarakat tersebut. Sistem-sistem inilah yang merupakan lingkungan dari sistem politik. Sistem-sistem memberikan pengaruh bagi jalannya sistem politik serta pelaku-pelaku politik.
Dalam sistem politik, budaya politik merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah variabel sistem politik, selain kekuasaan, kepentingan dan kebijaksanaan. Budaya politik adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma, pola-pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya. Budaya politik mengutamakan dimensi psikologis dari suatu sistem politik, yaitu sikap-sikap sistem kepercayaan, simbol-simbol yang dimiliki oleh individu-individu dan beroperasi di dalam seluruh masyarakat serta harapan-harapannya.

Referensi :
Ramlan Surbakti “Konsep-Konsep Sosiologi dan Politik”
Prof. Miriam Budiardjo “Dasar-Dasar Ilmu Politik”

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.