Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Masjid Tiban)

turen1Nama Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah, merupakan nama yang asing bagi kita semua. Pondok pesantren yang beralamat di Jalan KH. Wahid Hasyim Gang Anggur No.10, RT 07 / RW 06 Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang ini memang lebih popular dengan nama “masjid Tiban”. Walaupun bangunan ini bukanlah sebuah bangunan masjid tetapi bangunan ini adalah bangunan sebuah kompleks pondok pesantren yang terdiri dari 10 lantai dimana didalam nya ada masjid, pondokan para santri, ruang belajar santri, ruang keluarga, tempat wisata, pertokoan yang dikelola oleh para santriawan dan santriawati, dimana semua itu terintegrasi menjadi satu bangunan utuh.
turen2Banyak yang berasumsi tentang keberadaan bangunan ini dengan mengaitkannya pada hal-hal yang berbau mistis. Asumsi ini didasarkan atas kemegahan dan keindahan arsitektur yang dimiliki bangunan ini serta pembiayaan untuk menyokong pembangunannya. Namun asumsi yang selama ini mengiringi keberadaan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah tidaklah benar.
turen3Sejatinya, Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah ini sudah ada sejak tahun 1963. Pondok pesantren ini dipimpin oleh Hadratus Syaikh H Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam atau yang lebih dikenal dengan nama romo Kyai Ahmad. Beliau jugalah yang mendesain arsitektur bangunan pondok ini. Walaupun tidak mempunyai latar belakang seorang arsitek, romo kyai Ahmad bisa mendesain sebuah bangunan megah yang bernuansa arab dan timur tengah tersebut atas hasil dari istikharah. Dari hasil istikharah itulah pada sejak tahun 1978 Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah dimulai proses pembangunannya dan terus berlanjut hingga sekarang. Sedangkan untuk masalah pendanaan dan ketenagakerjaan semuanya bersifat swakarsa dari para jamaah pondok.
Ada yang unik dari pengerjaan pembanguan pondok pesantren ini, yaitu pengerjaannya tidak menggunakan alat-alat berat modern. Semuanya murni dikerjakan oleh tenaga manusia. Sayangnya, keindahan arsitektur bangunan Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah kurang banyak diketahui oleh khalayak luas. Padahal akses jalan untuk menuju ke pondok pesantren ini cukup bagus, hanya saja kurang dari sisi promosi.

Advertisements

Posted on 03/01/2013, in Religius and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. tolong alamat ny kirim k email

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: