Candi Borobudur

candi borobudur1Candi Borobudur adalah sebuah maha karya dari para pendahulu bangsa Indonesia. Sebuah bangunan yang memiliki keagungan dalam arsitektur yang tidak ternilai harganya. Bangunan yang terletak di desa Borobudur, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah, oleh UNESCO dimasukkan dalam Daftar Peninggalan Sejarah Dunia.
Candi Borobudur ini dibangun oleh raja mataram kuno yang bernama Samaratungga dari wangsa Syailendra tahun 824 mesehi. Bangunan candi Borobudur ini berbentuk tingkatan. Tingkat 1 sampai 6 berbentuk bujur sangkar dan tingkat 7 sampai 10 berbentuk lingkaran.  Jika dilihat dari atas, candi Borobudur membentuk pola mandala. Mandala adalah lambang alam semesta dalam kosmologi Budha.
candi borobudur2candi borobudur3Candi Borobudur ini sebenarnya sempat terkubur oleh letusan gunung merapi. Namun bangunan ini ditemukan oleh  Sir Thomas Stanford Raffles yang memang memiliki ketertarikan terhadap sejarah jawa. Perlu diketahui bahwa, pada rentang tahun 1811 – 1816, jawa berada di bawah pemerintahan Inggris. Dimana Sir Thomas Stanford Raffles ditunjuk sebagai Gubernur Jenderal.
Dengan semua kemegahan arsitektur yang dimilikinya, maka wajar kiranya kalau candi borobudur ini merupakan salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Advertisements

Posted on 26/12/2012, in Fitur Artefak and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: