Situs Pemakaman Mbah Betur

Situs makam mbah Betur adalah sebuah situs pemakaman yang terletak di desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Situs pemakaman yang terletak jauh dari hiruk pikuk keramaian kota ini, tidaklah sulit untuk dijangkau. Akses jalan menuju tempat ini lumayan bagus. Walaupun pada beberapa titik, ada yang rusak sehingga membuat perjalan menuju ke situs makam mbah betur agak kurang nyaman sedikit.
Mbah Betur ini dikisahkan datang ke panglungan yang pada waktu itu panglungan hanyalah sebuah hutan belantara. Dan atas inisiatif nya, mbah Betur merubah hutan belantara tersebut menjadi sebuah desa atau perkampungan yaitu dengan cara membuka lahan pertanian di hutan tersebut agar nantinya dapat digunakan untuk tempat bercocok tanam. Akhirnya seiring waktu semakin banyak orang-orang yang bermukim di tempat tersebut dan jadilah tempat tersebut diberi nama Panglungan.
Ada satu hal yang unik dari makam mbah Betur ini, yaitu ada sebuah batang pohon yang kelihatannya sudah berusia sangat tua menyeruak dari makam mbah Betur. Pohon tersebut dipotong pada bagian atas nya dan disisakan sedikit agar tidak mengganggu estetika dari bangunan makam mbah Betur itu sendiri. Pohon itu menjadi menjadi satu kesatuan dengan makam mbah Betur.
Dan akhirnya semoga situs pemakaman mbah Betur ini tetap terawat karena ada banyak nilai-nilai historis yang melekat pada situs pemakaman ini khususnya yang mengenai asal usul dari keberadaan desa Panglungan sebagai sebuah desa atau perkampungan.

Advertisements

Posted on 04/05/2012, in Religius and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: