Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah salah satu gunung vulkanik aktif yang ada di Indonesia. Gunung yang memiliki ketinggian 1730 M dari permukaan laut kini memiliki “penampilan” baru. Pasca erupsi yang terjadi terakhir kali, yakni pada tahun 2007 lalu. Gunung Kelud yang awalnya terkenal dengan kawah hijaunya yang luas, kini telah berubah. Sekarang yang terjadi adalah dari dalam danau kawah tersebut muncul kubah lava dan hingga kini kubah lava tersebut terus tumbuh, dengan perkiraan bertambah 2 meter setiap harinya. Kubah lava baru inilah yang dikenal dengan nama “Anak Gunung Kelud“.
Gunung yang berada di wilayah kabupaten Kediri ini tampaknya dikelola dengan cukup serius. Mengingat potensinya yang sangat besar bagi perekonomian pemerintah daerah setempat. Karena jika dilihat dari pengunjungnya, wisata gunung kelud ini diminati oleh wisatawan asing jadi tidak hanya wisatawan domestik saja yang berkunjung.
Di gunung yang memiliki empat puncak, yaitu Puncak Kelud, Puncak Sumbing, Puncak Gajah Mungkur dan Puncak Gedang. Kita tidak hanya di manjakan dengan panorama anak gunung kelud semata. Salah satunya adalah sebuah terowongan yang dibangun pada 1926 oleh Belanda untuk mengalirkan lahar Gunung Kelud ketika meletus. Dimana terowongan ini adalah akses masuk menuju lokasi anak gunung kelud. Selain itu ada juga pemandian air panas di Sungai Bladak. Dan banyak lagi fasilitas tempat wisata yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat. Semisal flying fox, ATV Offroad, Area panjat tebing, jogging, lintas alam, bumi perkemahan, Pusat Informasi Vulkanologi dan lain sebagainya.
Namun ada satu hal yang unik dari gunung kelud ini, yaitu di salah satu titik ruas akses jalan menuju gunung kelud. Pada sisi kiri jalan, akan anda temui sebuah lembaran papan nama Jalan Misterius. Mengapa dikatakan misterius karena dari arah gunung kelud (arah pulang), ruas jalan ini terlihat “menanjak”, tetapi jika kendaraan dihentikan dan diposisikan porseneling netral. Maka anda akan mendapati kendaraan anda secara perlahan akan “menanjak” dengan sendirinya. Kalau anda tidak percaya, silahkan buktikan sendiri… 🙂

Advertisements

Posted on 16/03/2012, in Eksotika Alam and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: