Candi Tegowangi

Candi Tegowangi adalah sebuah candi yang terletak di desa Tegowangi, kecamatan Plemahan, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Candi yang secara umum berdenah bujur sangkar menghadap ke barat berukuran 11,20 m x 11,20 m dan tinggi 4,5 m ini bisa dikatakan memiliki area yang cukup luas dan terbuka. Dan yang tak kalah penting adalah lokasinya terawat dengan baik. Pagar yang terbuat dari kawat berduripun mengelilingi lokasi candi dengan rapi. Namun yang masih kurang adalah minimnya papan petunjuk lokasi untuk menuju ke lokasi wisata sejarah ini.

Candi yang diperkirakan dibuat pada tahun 1400 M pada masa kerajaan Majapahit ini dihiasi dengan relief cerita Sudamala yang berjumlah 14 panil yaitu 3 panil disisi utara, 8 panil disisi barat dan 3 panil disisi selatan. Cerita ini berisi tentang pensucian dewa Durga dalam bentuk jelek dan jahat menjadi dewa Uma dalam bentuk baik yang dilakukan oleh Sadewa, bungsu pandawa.
Candi Tegowangi ini pernah menjadi tempat sebuah pertunjukan tari kontemporer yang bertajuk In The Art Island Festival. Pertunjukan yang diikuti oleh beberapa negara ini paling tidak telah mengangkat nama candi Tegowangi untuk lebih dikenal oleh khalayak luas.

Advertisements

Posted on 14/03/2012, in Fitur Artefak and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. I very much enjoy your posts. Keep blogging.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: