Gua Surowono

Gua Surowono adalah lorong bawah tanah yang di dalamnya terdapat aliran sungai. Gua yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Indonesia ini, menurut pengakuan penduduk sekitar adalah sebuah sistem kanal atau pengairan yang dibangun pada masa kerajaaan Kediri.
Konstruksi gua surowono ini sangat menarik, apalagi ketika kita sudah berada di dalam. Dengan konstruksi gua yang selebar tubuh orang dewasa serta tinggi gua yang semakin ke dalam semakin rendah. Dijamin akan membuat kita terbawa pada suasana seolah-olah kita berada pada masa kerajaan dahulu kala.
Gua surowono ini memiliki 5 lorong utama, namun didalamnya akan banyak ditemui cabang-cabang yang cukup membuat kita tersesat apabila masuk kedalam gua tanpa di damping seorang guide. Sekedar info saja, sebenarnya lorong-lorong yang ada di gua surowono merupakan salah satu bagian integral dari sebuah sistem pengairan di masa kerajaan Kediri. Artinya adalah kita bisa menuju kota Kediri lewat gua surowono ini. (NB: kalau lorong-lorongnya masih bagus semua dan bisa dilewati….. 🙂 )
Menyusuri goa surowono ini dilakukan dengan tiga gaya, yaitu gaya berjalan normal (berdiri), gaya berjalan jongkok dan gaya merangkak. Hal ini dikarenakan semakin menuju ke lorong 5, tinggi gua semakin rendah. Tetapi untuk lorong 5 dilarang untuk dimasuki, karena jika dilihat, kalaupun ingin meneruskan perjalanan menuju lorong 5 kita harus merayap untuk melewatinya. Sehingga unsur keamanan mungkin jadi pertimbangan utama kenapa lorong 5 tidak boleh dimasuki.
Sungguh sebuah pengalaman menarik dan tak akan terlupakan menyusuri sebuah gua yang memiliki nilai historis tinggi serta saksi bisu dari kejayaan sebuah kerajaan besar pada masanya.

Advertisements

Posted on 26/01/2012, in Fitur Artefak and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. mantap gan, btw trimakasih telah membahas tentang desa saya…salam kenal

  2. wow keren , klo boleh tau alamatnya dimana ya gan ?

    • alamat ny ya itu Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur…. ato klo sista tau tentang kampung inggris pare, tanya aj ke penduduk sekitar, smua orang udh pd tau tentang gua surowono
      slamat berkunjung sista… 🙂

      • alamatnya dusun surowono desa canggu kec pare kab. kediri
        apa dusun surowono dsa. canggu kec. badas kab. kediri?????

      • dusun surowono desa. canggu kec. badas kab. kediri sista 🙂

  1. Pingback: Jejak Mas Say Laros Di Terowongan SUROWONO Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: