Candi Wonorejo

Candi Wonorejo adalah sebuah candi yang terletak di Jalan Candi, Desa Wonorejo, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Sebenarnya kalaulah dikatakan sebuah candi, agaknya candi Wonorejo tidaklah lengkap karena hanya bagian tertentu saja yang terlihat. Untuk dilakukannya eksplorasi lebih lanjut hingga di dapat sebuah bangunan candi wonorejo yang utuh akan membutuhkan biaya yang besar. Pembiayaan yang besar tersebut adalah tentang pembebasan lahan warga, mengingat lokasi dari candi wonorejo ini terjepit diantara pemukiman warga. Dan untuk melihat wujud dari candi wonorejo secara utuh sepertinya akan sangat sulit untuk direalisasikan.

Candi wonorejo ini sebenarnya menyimpan banyak nilai historis yang tidak ternilai apalagi kalau dikaitkan dengan sejarah dari kabupaten madiun itu sendiri. Seperti yang tercatat dalam lembaran sejarah kabupaten Madiun, bahwasanya desa Wonorejo ini pernah menjadi pusat pemerintahan Madiun pasca pusat pemerintahan dipindahkan dari desa Sogaten dan dipindahkan ke desa Wonorejo. Hal ini berlangsung dari tahun 1575 hingga tahun 1590.
Namun sayang ketika mengunjungi candi wonorejo, waktunya sudah diluar jam kerja sehingga tidak ada petugas yang dapat dijadikan acuan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail lagi mengenai asal mula keberadaan dan fungsi dari candi wonorejo ini. Padahal menurut penduduk sekitar kalau berkunjungnya pada jam kerja, akan ada petugas yang memang bertugas untuk menjaga candi wonorejo, sekaligus kita dapat mengetahui secara lebih detail tentang keberadaan dan fungsi dari candi wonorejo dari petugas tersebut.
Walaupun dengan papan penunjuk lokasi keberadaan candi yang sangat minim. Tetapi paling tidak eksistensi dari candi wonorejo ini masih bisa “terlihat”. Dan semoga cagar budaya ini tetap utuh dan terawat selamanya.

 

Advertisements

Posted on 03/11/2011, in Fitur Artefak and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. travellers2009

    wah.. informasi yang menarik..
    selain candi wonorejo ada candi apa lagi pak di madiun?? lagi tertarik nih dengan pariwisata madiun..

  2. wah banyak tu yg gak tau ada candi di situ. di sekitaran madiun ada situs apa lagi ya?
    tapi bang, koreksi aja.. itu bukan puncak stupa. itu lingga sama yoninya. trims. 😀

  3. Menurut prasasti Kerajaan Singosari, ada sebuah kerajaan kecil yg terkenal sebagai Gelang Gelang di daerah Madiun pada abad ke-13. Raja Gelang Gelang juga terkenal sebagai raja bawahan. Mungkin Candi Wonorejo adalah peninggalan kerajaan kecil itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: