Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung berapi aktif dan merupakan salah satu yang terbesar di pulau jawa. Gunung tangkuban perahu ini terletak di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat, Indonesia. Kurang lebih sekitar 50 menit dari kota Bandung.

Gunung Tangkuban Perahu mempunyai puncak datar dan memanjang mirip dengan perahu yang terbalik. Sebuah bentuk gunung berapi yang tak lazim seperti pada umumnya bentuk gunung berapi pada kebanyakan. Selain itu daerah disekitar gunung juga tampak asri karena terhampar kebun teh yang sangat luas. Dari puncak puncak gunung kita dapat menikmati indahnya pemandangan alam dan kesejukan udara sambil melihat suasana Kota Bandung dari ketinggian.

Selain karena desain alami gunung tangkuban perahu yang menarik. Legenda tentang terbentuknya gunung ini juga tak kalah menariknya. Entah benar atau tidak tetapi banyak orang meyakini bahwa keberadaan gunung tangkuban perahu ini berawal dari cerita seorang anak muda yang bernama Sangkuriang jatuh cinta kepada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi dan Dayang Sumbi mengajukan syarat yang harus dipenuhi Sangkuriang apabila dia mau mempersunting Dayang Sumbi yaitu harus membangun sebuah danau dan perahu raksasa dalam satu malam. Namun karena gagal, lalu Sangkuriang, menendang perahu itu dan perahu tersebut jatuh menelungkup lalu perlahan berubahlah perahu tersebut  menjadi sebuah gunung.

Di kawasan gunung Tangkuban Perahu terdapat tiga kawah yang menarik untuk dikunjungi. Kawah tersebut adalah Kawah Domas, Kawah Ratu dan Kawah Upas. Kawah yang paling besar diantara ketiganya dan paling banyak dikunjungi adalah Kawah Ratu. Dengan beberapa jam berjalan kaki, Anda bahkan dapat mengitari Kawah Ratu yang begitu luas sambil menikmati keindahan panorama Gunung Tangkuban Perahu.

Dengan keindahan yang tersaji secara alami maka banyak yang memanfaatkan keindahan kawah dari Gunung Tangkuban Perahu ini sebagai tempat bagi para calon pengantin untuk melakukan foto outdoor prewedding. Ataupun hanya untuk sekedar mengabadikan momen sebagai bukti bahwa pernah mengunjungi gunung Tangkuban Perahu 😉 .

Advertisements

Posted on 14/10/2011, in Eksotika Alam and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: