Bendungan Bening (Waduk Widas)

Bendungan Bening atau oleh warga desa sekitar biasa disebut Waduk Widas adalah bendungan yang merupakan bagian dari Daerah Aliran Sungai Brantas (DAS) Brantas. Bendungan yang berada di wilayah Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan ini terletak di Dusun Widas, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia.

Bendungan yang mempunyai luas sekitar 860 km persegi ini selain berfungsi sebagai Pembangkit Tenaga Listrik Air (PLTA), bendungan ini juga dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah daerah setempat. Bendungan yang pengelolaannya di bawah Perum Jasa Tirta ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang objek wisata seperti tempat ibadah, aula pertemuan taman main anak anak, kandang rusa, arena out bond, kios, dan beberapa perahu speed boot beserta dermaganya

Dengan suasana alam yang masih alami dan areal yang luas, Bendungan Bening kerap kali diadakan kegiatan Pramuka karena memang lokasi di Bendungan Bening cukup representatif untuk melakukan kegiatan perkemahan.
Selain itu satu hal yang paling terkenal dari Bendungan Bening ini adalah memancing. Hampir di sepanjang pinggiran bendungan ini merupakan area memancing, namun pengecualian untuk daerah disekitas pintu air bendungan karena memang lokasinya berbahaya.
Dengan semua fasilitas yang ada serta panorama alam yang alami yang mengelilingi Bendungan Bening, tak salah rasanya jika Bendungan Bening ini merupakan salah satu aset objek wisata yang sangat potensial bagi pemerintah daerah setempat.

Advertisements

Posted on 03/09/2011, in Destinasi and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: