Home > Publikasi > Pesta Rakyat Buka Giling Pabrik Gula

Pesta Rakyat Buka Giling Pabrik Gula

Buka giling adalah tradisi kegiatan “ritual” yang umum dilakukan oleh Pabrik Gula sebelum proses produksi dimulai. Tradisi yang telah ada sejak zaman hindia belanda ini biasanya dihelat antara bulan april – mei. Selain sebagai penanda bahwa musim giling atau produksi gula akan dimulai, tradisi ini juga dimaksudkan agar dalam proses giling atau produksi nantinya bisa selamat, lancar dan sukses sehingga target produksi yang telah ditentukan dapat tercapai.
Pesta rakyat buka giling ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari kegiatan yang have fun, pagelaran seni tradisional hingga tak lupa kegiatan sosial semisal donor darah dan pemberian bantuan sosial untuk keluarga yang kurang mampu. Pesta rakyat buka giling ini selalu disambut dengan suka cita oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan selalu meriahnya acara tersebut dalam setiap penyelanggaraannya.
Kemeriahan pesta rakyat buka giling pabrik gula akan bermakna lebih utamanya bagi para petani tebu, karyawan pabrik gula serta masyarakat yang ada disekitar lingkungan pabrik gula. Hal ini bisa dimaklumi karena tidak lama lagi roda perekonomian akan bergerak kembali setelah sekian lama menunggu, selama masa periode tanam tebu.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: