Home > Destinasi > Pendopo Agung Trowulan

Pendopo Agung Trowulan

Pendopo Agung Trowulan adalah sebuah bangunan pendopo Jawa bergaya Joglo yang dibangun antara tahun 1964 – 1973 oleh Kodam-V Brawijaya melalui Yayasan Bina Mojopahit , berada di Dusun Nglinguk, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Bangunan ini konon berada di lokasi dimana dahulu berdiri Pendopo Agung Kerajaaan Majapahit, tempat Maha Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa yang terkenal itu.

Arsitektur bangunan Pendopo Agung berbentuk joglo, yang tiang utamanya (soko guru) beralaskan umpak batu peninggalan jaman Mojopahit.
Pada setiap tanggal 1 Suro pendopo agung ini menjadi pusat penyelenggaraan Prosesi Grebeg Suro yang rangkaian kegiatannya meliputi kirab pusaka, pentas seni rakyat dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.
Selepas melewati pintu gerbang utama, kita akan di sambut oleh sebuah Patung  Gajah Mada yang diresmikan oleh Komando Pusat Polisi Militer pada tanggal 22 Juni 1986. Teks lengkap Sumpah Palapa Gajah Mada, menurut kitab Pararaton adalah: : “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa.”

Isinya menyatakan bahwa Gajah Mada tidak akan berhenti berpuasa sampai seluruh kerajaan yang namanya disebut dalam sumpah itu dipersatukan dalam kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Selain itu ada juga Patung Raja Brawijaya yang dinaungi sebuah payung kerajaan, dengan struktur bangunan Pendopo Agung terlihat di latar belakang. 
Lingkungan Pendopo Agung  teduh dan sangat nyaman  sebagai tempat untuk istirahat atau tempat untuk rekreasi yang bernuansa pendidikan. Bahkan, di saat matahari terik pun pendingin alami ini membuat udara tetap sejuk, karena sinar matahari tidak mampu menerobos rimbunan daun. Di belakang pendopo, juga terdapat halaman luas. Pagar setinggi 1,5 meter mengitari halaman yang senyap tertutup rimbun pohon-pohon besar yang tumbuh liar.

Masih didalam komplek pendopo agung, tepatnya dibelakang pendopo agung kita akan menjumpai sebuah tonggak yang menancap di tanah dengan kemiringan kurang lebih 60 derajat. Konon, tonggak ini pernah digunakan sebagai tonggak tempat mengikat gajah dan kuda kendaraan Gajah Mada.
Menurut pengakuan warga sekitar komplek pendopo agung, tonggak ini tak bisa dicabut. Untuk meraba panjangnya juga sulit, karena saat digali, tonggak itu seperti tak berpangkal.

Lanjut ke bagian ujung belakang kompleks pendopo Agung terdapat sebuah Petilasan Panggung, bangunan joglo berukuran lebih kecil yang letaknya di belakang Pendopo Agung yang dipisahkan oleh sebuah tembok, adalah lokasi yang dipercaya sebagai tempat dimana Raden Wijaya pernah melakukan semedi sebelum ia membuka pemukiman di hutan Tarik di tepian Sungai Brantas yang kemudian menjadi cikal bakal berdirinya Kerajaan Majapahit.

  1. 05/11/2011 at 9:48 AM

    RSI SAKINAH MOJOKERTO telp/sms : +6285648280307

  2. 09/11/2012 at 4:21 PM

    manteb infonya bro Pisau Sadap Karet

    • Kris
      19/11/2012 at 8:39 PM

      thx bro

  1. 30/08/2014 at 2:59 PM

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.