Kematian

Kematian adalah salah satu bagian misteri dari sebuah kehidupan. Mendengar kata kematian, pastinya akan membuat kita merenungkan kembali tentang makna dan arti dari kehidupan ini. Ia adalah akhir dari sebuah drama kehidupan dunia fana. Kebanyakan diantara kita telah menganggap kematian sebagai sesuatu hal yang menakutkan. Kematian telah diasosiasikan sebagai sebuah dunia kegelapan yang amat kelam dan menyeramkan. Dan merupakan akhir dari cerita kehidupan.
Namun demikian cara pandang dalam melihat kematian agaknya perlu dirubah. Sehingga kematian tidak lagi hanya dianggap sebagai akhir dari sebuah raga semata. Akan tetapi lebih dari itu, kematian seharusnya dijadikan sebuah media perenungan yang nantinya akan membuat kita lebih memahami dan lebih mengerti tentang arti dan makna kehidupan ini.
Kematian memang pantas untuk ditakuti karena memang dengan datangnya kematian, hal ini berarti usai sudah waktu kita di dunia. Tetapi janganlah kita takut akan kematian itu sendiri, sebab ia adalah sesuatu hal yang terlalu besar untuk kita takuti.
Kematian itu seyogyanya kita anggap sebagai tempat pemberhentian sementara, menuju ke tempat pemberhentian terakhir yang mortal. Sebuah pemberhentian akhir yang merupakan misteri terbesar bagi insan manusia. Dimana ditempat tersebut amal perbuatan merupakan sesuatu hal yang sangat amat berharga.

Advertisements

Posted on 08/04/2010, in Renungan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: