Home > Ilmu Komunikasi, Psikologi > Model Psikologi Comstock

Model Psikologi Comstock

Model psikologi Comstock mempelajari tentang bagaimana efek televisi memberikan pengaruh terhadap tingkah laku seseorang. Dimana memang tujuan Model komunikasi ini adalah untuk memperhitungkan dan membantu memperkirakan terjadinya efek terhadap tingkah laku seseorang sebagai individu, dengan jalan menggabungkan penemuan-penemuan atau teori-teori tentang kondisi umum di mana efek selama ini dapat ditemukan.


Asumsi dari model psikologi Comstock ini adalah televisi telah dianggap sebagai sesuatu yang nyata, sesuatu yang serupa dengan setiap pengalaman, tindakan atau observasi personal yang dapat menimbulkan konsekuensi terhadap pemahaman (learning) maupun tindakan (acting). Selain itu, televisi juga dianggap tidak hanya mengajarkan tingkah laku, tetapi juga bertindak sebagai stimulus untuk membangkitkan tingkah laku yang dipelajari dari sumber-sumber lain.

Model Psikologi Comstock ini mempunyai anggapan bahwa, Pertunjukan aksi di media televisi akan lebih mudah membuat orang menirunya, jika pertunjukan itu lebih menyolok (salient) bagi seseorang, karena dengan begitu pertunjukan aksi tersebut akan menimbulkan getaran dan lebih menonjol. Baik kemenyolokan maupun getaran yang di timbulkan merupakan kondisi yang harus ada untuk kegiatan pemahaman (learning)

Model ini juga beranggapan bahwa, semakin sedikit daftar tindakan-tindakan yang tersedia maka semakin besar kemungkinan untuk diadopsinya pertunjukan televisi tersebut. Untuk itu model ini juga menekankan bahwa agar sebuah aksi benar-benar ditiru maka haruslah ada kemiripan aksi itu dengan realita yang ada.

Advertisements
  1. novel
    07/07/2010 at 11:03 AM

    ini sumbernya dari mana yah? hehehe. aku lagi skripsi kebetulan juga membahas comstock. bisa email ke aku gak sumbernya dari mana?

    • Kris
      12/07/2010 at 12:00 PM

      udh aq kirim ke alamat email km……….good luck bwt skripsinya………..

  2. rahma
    23/01/2011 at 10:11 AM

    mikum,, punya bahan tntang teori celebrity endorser ga?? hehe makasih

    • Kris
      24/01/2011 at 12:05 AM

      wdh buku2 perkuliahan q dulu udh g tau rimbany ad dmn skr…..hehehe
      tp klo ngomongin ttng celebrity endorser mending km hunting buku :
      *Marketing Selebritis
      *Advertising And Promotion : An Integrated Marketing Communications Perspective
      *Advertising : Principles and Practice
      *Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu

      • murni
        01/06/2015 at 8:20 PM

        Boleh minta referensi bukunya tentang psikologi comstock gak mas? Kalau bisa malam ini dikirim ke email untuk deadline skripsi. Terimakasih 😊

      • Kris
        13/06/2015 at 1:39 PM

        udh saya kirim…
        good luck bwt skripsi ny ya 🙂

  3. cindy
    09/03/2011 at 11:27 PM

    halo.. boleh tau sumbernya ga? dari buku apa,pengarang, penerbit dan tahun berapa? thanks sebelumnya. 🙂

    • Kris
      12/03/2011 at 3:21 PM

      tuch tulisan aq bwt seingat q aj, y sapa tahu bermanfaat…. 🙂
      tp klo ndak salah judul buku ny “mass communication theory (fourth edition) karangan ny dennis mcquail” utk trbitan n penerbitan ny aq g th psti. tanya aj d toko buku terdekat pasti ad cz tuch termasuk buku wajib bagi mahasiswa

  4. yasa adiguna
    23/09/2012 at 1:21 PM

    boleh minta sumbernya juga ga ,, aku lg ada tugas membahas comstock..
    boleh kirim email juga ??

    cHanh.adiguna@gmail.com

    kamsiiaa

    • Kris
      24/09/2012 at 1:29 PM

      udh aq kirim k alamat emailny……smoga bermanfaat

  5. david
    22/05/2013 at 10:26 AM

    boleh minta sumbernya juga gk? aku lagi skripsi nih,

    davidmurdiantoyo@outlook.com

    matuhnuhun

    • Kris
      13/06/2015 at 1:36 PM

      udh sy kirim, good luck

  6. 21/05/2015 at 6:03 PM

    aku juga minta dong yullisintianurintan@gmail.com

    • Kris
      13/06/2015 at 1:37 PM

      udh di kirim, good luck

  7. fathia
    13/10/2015 at 2:42 PM

    aku juga minta sumber nya dong, lagi skripsi bahas comstock juga nih, tolong kirim ke email yaa thanks

    fathianadya@yahoo.com

  8. intan
    14/12/2015 at 10:41 PM

    P, n , o itu maksud nya apa kak

    • Kris
      06/01/2016 at 1:13 PM

      p – 0 : Kemungkinan tidak ada (nol).
      P 0 Kemungkinan ada.
      NO Kesempatan atau peluang tidak ada.
      Point of entry : Titik masuk (jalur masuk).

  9. 24/03/2016 at 11:11 PM

    makasih yaa referensinya membantu sekali dalam skripsi saya mas, mkasih sekali. nyari sana sini akhirnya ketemu juga 🙂

    • Kris
      26/03/2016 at 6:17 AM

      good luck utk skripsinya 🙂

  10. 31/05/2016 at 9:39 AM

    mas boleh minta sumber bukunya? buat laporan kuliah nihh, nyari” gak nemu T.T makasihhh

    • 25/06/2016 at 8:08 AM

      mass communication theory (fourth edition) karangan ny dennis mcquail

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: