Sebuah Perjalanan

Perjalananan spiritual bukanlah sebuah perjalanan singkat karena hal tersebut bukanlah sebuah pembelajaran teori semata. Perjalanan spiritual adalah harmonisasi dari proses teori dengan proses praktikal. Harmonisasi dari kedua hal tersebut pada akhirnya akan menghasilkan melodi yang indah nan merdu.
Perjalanan spiritual dimulai ketika kita terlahir didunia. Walau mungkin pernyaaan tersebut tak sepenuhnya dapat diterima oleh semua orang. Namun, hal tersebut bukanlah sebuah hal yang harus diperdebatkan. Karena semua itu adalah cara bagaimana melihat sesuatu hal.
Perjalanan spiritual adalah sebuah perjalanan panjang, penuh liku. Sebuah perjalanan yang yang sejati hanya akan bermuara pada satu tujuan yang sama. Sebuah perjalanan yang memberikan banyak pilihan jalan. Dan pada akhirnya kitalah yang harus memilih sesuai dengan bimbingan suara hati nurani kita. Karena, apapun pilihannya akan ada konsekuensi atas pilihan yang telah diambil.
Dan tidak dipungkiri juga, bahwasanya dalam sebuah perjalanan tak selamanya akan terus semangat menyala-nyala. Terkadang kita akan melangkah dengan langkah gontai atau kita merasa kita bukanlah pada pilihan yang seharusnya dan merasa perlu untuk mengambil pilihan yang lain. Tak ada yang salah dengan hal tersebut, paling penting adalah tetap meneruskan perjalanan tersebut dengan segala macam dinamika yang ada di dalamnya, baik itu tetap dengan pilihan awal atau mengambil pilihan lain ditengah perjalanan.
Yakinlah bahwa muara dari perjalanan tersebut adalah titik yang terang benderang sebagaimana sinar cerah mentari di pagi hari.

Advertisements

Posted on 28/01/2010, in Renungan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: